Yuk Simak 3 Alat Musik Sunda Paling Umum Ditemukan di Indonesia

Suku Sunda yang banyak berdomisili di provinsi Jawa Barat ternyata memiliki alat musik khas yang unik. Bahkan tak sedikit yang mengenal alat musik Sunda karena popular dan mudah ditemukan di berbagai daerah. Lantas tahukah Anda apa saja alat musik khas Sunda tersebut? Berikut ulasan singkatnya.

Alat Musik Populer Yang Ternyata Asli Sunda

  1. Kecapi

Dari namanya saja sudah familiar. Kecapi memiliki cara kerja layaknya gitar. Namun penampakannya justru tampak layaknya papan dengan deretan dawai (string). Alat musik ini pun punya dua bagian utama. Yakni indung atau induk dengan ukuran lebih besar dengan 18-20 dawai. Dan ada kecapi rincik yang digunakan untuk hasilkan iringan musik.

  1. Angklung

Instrumen berbahan dasar bambu ini dikenal sebagai alat musik bernada ganda. Jadi setiap ukuran angklung akan menghasilkan nada yang berbeda setiap digoyangkan. Benturan potongan bambu dan dinding instrumen memberikan suara yang khas. Karenanya, alat musik dari Sunda ini disebut sebagai warisan budaya dunia sejak 2010.

  1. Rebab

Disebut lengek, rebab punya cara kerja yang menyerupai biola. Namun, bentuknya cenderung lebih kecil dan dimainkan dengan posisi tegak. Jumlah senar atau dawainya pun hanya ada tiga, sehingga hanya mampu menghasilkan melodi dasar saja. Yang menjadi ciri khasnya adalah bentuknya yang memiliki leher panjang dan badan bulat.

Ketiga nama alat musik tersebut adalah segelintir dari deretan instrumen khas Sunda. Popularitasnya sendiri menjadi salah satu identitas dari Sunda. Namun, jangan hanya tertarik pada nama tersebut. Masih ada banyak instrumen lain yang bisa Anda kenali.