Mengulik Struktur Pembuatan Makalah Tentang Pendidikan Beserta Contohnya

Menyusun karya ilmiah berupa makalah sudah seringkali terdengar dalam ruang lingkup instansi pendidikan. Namun dalam hal mengerjakan makalah juga gampang-gampang susah. Pasalnya, Anda harus mengetahui tema dan kaidah penulisan dalam menyusun karya ilmiah tersebut. Untuk itu, simak apa saja struktur pembuatan makalah tentang pendidikan beserta contohnya.

Simak Beberapa Struktur dan Contoh dalam Penyusunan Makalah

  1. Sampul (Cover) Makalah

Penggunaan sampul atau cover dalam karya ilmiah seperti makalah menjadi unsur utama yang penting dalam penyusunan makalah. Sampul biasanya berisikan nama atau identitas penulis, logo, judul, tempat dan tahun penerbitan makalah tersebut. Pada bagian sampul atau cover sebaiknya menggunakan pengaturan center atau rata tengah pada bagian halaman.

  1. Kata Pengantar Makalah

Pada halaman tersebut berfungsi sebagai pengantar sambutan si penulis, ucapan sukur, dan juga sebagai gambaran awal untuk pembaca dalam mengetahui pandangan secara umum tentang karya ilmiah tersebut. Dalam isi kata pengantar, juga terdapat kalimat dimana ucapan sukur tertuju pada beberapa pihak terkait yang membantu dalam penyelesaian makalah.

  1. Daftar Isi dalam Makalah

Tujuan pembuatan susunan daftar isi yakni agar mempermudah pembaca dalam menemukan informasi penting yang ada dalam makalah tersebut. Karena di dalam daftar isi, terdapat informasi sub bab judul maupun pembahasan terkait dengan penyusunan makalah tersebut. Selain itu, daftar isi juga memudahkan penulis dalam membedakan sub bab satu dengan yang lainnya.

  1. Bab Pertama Berisi Pendahuluan

Pada bagian bab pertama yakni berisi pendahuluan. Pada sub bab tersebut berisikan 3 kategori yaitu berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, dan juga tujuan pembahasan masalah. penulisan latar belakang masalah harus ditulis dengan jelas dan memuat jawaban dari sebuah permasalahan. Isi rumusan masalah yaitu tentang beberapa pertanyaan dari pembahasan, dan tujuan penulisan guna menggambarkan manfaat makalah tersebut.

  1. Bab Kedua Berisi Pembahasan

Pada bagian bab kedua, biasanya akan berisikan pembahasan dimana pada bagian tersebut merupakan bagian yang paling utama dalam sebuah isi makalah. Pada bab tersebut juga berisikan uraian permasalahan dari beberapa pertanyaan dalam rumusan masalah yang akan Anda bahas. Isi pembahasan harus bisa menjawab terkait dengan bab yang dibahas sebelumnya.

  1. Bab Ketiga atau Penutup

Setelah melakukan pembahasan, pada sub bab bagian penutup biasanya berisikan mengenai kesimpulan dan juga saran dari hasil pembahasan. Kesimpulan merupakan ringkasan dari hasil pembahasan masalah utama dari makalah. Cukup dengan mengambil poin-poin yang dianggap penting saja. Sedangkan pada bagian saran, biasanya berisi tentang harapan penulis agar makalah tersebut bermanfaat bagi para pembaca.

  1. Daftar Pustaka dalam Makalah

Pada bagian ini, penulis akan menuliskan daftar sumber referensi yang dipakai sebagai bahan penelitian dalam penulisan karya ilmiah atau makalah. Referensi yang tertulis bisa berasal dari buku, jurnal, atau berasal dari informasi valid narasumber dan juga dari berbagai media internet maupun hasil riset studi perpustakaan.

Contoh Pembahasan Makalah Terkait dengan Bidang pendidikan

Pembahasan makalah memang bermacam-macam, sesuai dengan konteks pembelajaran yang sedang Anda tempuh sebagai siswa maupun mahasiswa. Sebagai contoh, latar belakang permasalahan terkait dengan bidang pendidikan misalnya, tentang bagaimana sistem pengajaran yang tepat saat pandemi covid-19 pada pendidikan anak usia dini dan lain sebagainya.

Selanjutnya, Anda bisa menuliskan rumusan masalah terkait media pembelajaran dan sebagainya. Lalu, berikan tujuan atau manfaat terkait penulisan makalah tentang pendidikan. Kemudian cobalah  menjawab permasalahan dan menuliskan atau menggambarkan keadaan dalam bab pembahasan hingga tahap penarikan kesimpulan dan penulisan daftar pustaka.

Nah, masih banyak lagi bagian dari Contoh Makalah yang terkait dalam bidang pendidikan. Apalagi terkait masalah pendidikan di Indonesia yang sedang mengalami banyak tekanan akibat adanya pandemi covid-19. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan serta menambah pengetahuan terkait struktur penulisan dalam makalah maupun karya ilimiah lainnya.